Disapih dari Susu Formula
Parenting

Benarkah Bayi 1 Tahun Harus Disapih dari Susu Formula?

Nutrilon bukanlah merek asing bagi para ibu yang memberikan susu formula kepada anaknya. Brand satu ini terkenal sebagai salah satu merek susu formula terbaik untuk anak. Karena komposisinya seimbang untuk perkembangan si kecil.

Bagi Anda yang memberikan susu formula kepada bayi sejak awal, harus tahu bahwa ketika usia si kecil berada di atas 12 bulan pemberian susu formula harus dikurangi takarannya. Bahkan bagi sebagian orangtua ada yang menyapih anak dari susu formula. Sebab di usia tersebut, anak sudah harus mendapatkan nutrisi dari makanan langsung.

Tips Berikan Sufor pada Bayi 1 Tahun

Usia 12 bulan ke atas kebutuhan nutrisi anak makin tinggi. Susu formula saja tidak akan mencukupinya. Anda harus mulai memberikan makanan pendamping yang disesuaikan dengan usia dan kebutuhan nutrisi anak. Pemberian susu formula perlu dikurangi secara perlahan, caranya:

1.     Diberikan Maksimal 2 Gelas Sehari

Jika biasanya si kecil hanya meminum susu formula saja, maka Anda sudah harus mengurangi dosisnya ketika usia si kecil beranjak setahun. Sebab, jika hanya mengonsumsi susu, maka nutrisi si kecil tidak tercukupi.

Anda dapat mulai mengurangi susu formula dan memberikan lebih banyak makanan padat. Untuk bayi berusia 12 bulan, asupan susu formula cukup 2 gelas per hari saja. Selain itu, makanan padat akan lebih baik.

2.     Dapat Dicampurkan pada MPASI

Anda bisa memperkenalkan MPASI kepada anak dengan memberikan rasa yang sudah dikenalnya. Caranya mencampurkan susu formula Nutrilon yang biasa dikonsumsi si kecil ke dalam makanannya.

Cara ini memberikan kesempatan si kecil mengonsumsi makanan padat dan tetap memberikan nutrisi pendamping yang dibutuhkannya melalui penambahan susu formula.

3.     Diberikan Menggunakan Gelas

Anda juga bisa mempergunakan momen menyapih si kecil dari susu formula untuk membiasakannya minum dengan gelas. Jadi, ketika Anda memberikan susu formula, cobalah gunakan gelas bukan botol dot. Bisa gunakan gelas bercorong atau bersedotan untuk membiasakan si kecil. Kemudian secara perlahan si kecil bisa disapih dari susu formula dan botol dot sekaligus.

4.     Hanya Dijadikan Penambah Nutrisi

Anda boleh tetap mempertahankan pemberian susu formula kepada anak dengan jumlah pemberian maksimal dua gelas sehari. Namun, selalu ingat bahwa susu formula hanyalah sebagai penambah nutrisi saja.

Untuk makanan utama si kecil harus membiasakannya mengonsumsi makanan padat. Anda bisa mulai memperkenalkan pure, bubur, biskuit, atau jenis makanan lunak lainnya. Hal penting adalah pastikan makanan tersebut aman dan mengandung nutrisi seimbang.

Bayi berusia 12 bulan ke atas sudah sewajarnya mengurangi asupan susu. Jadi, sudah saatnya Anda membelikan perlengkapan bayi untuk makan sehingga membantu si kecil membiasakan diri mengonsumsi makanan.

Namun, memberikan susu formula masih dapat dilakukan asalkan sebagai penambah nutrisi bukan makanan utama. Selain itu, pilih susu yang mampu menjadi kelengkapan gizi anak, seperti Nutrilon yang memberikan gizi seimbang untuk perkembangan fisik dan otak si kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *